Politik

Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali Raih Penghargaan Terbaik Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022

 Rabu, 22 November 2023

Newsyess.com, Badung. 

 

Nusa Dua - Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali meraih penghargaan terbaik Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) Tahun 2022 yang diserahkan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki dan diterima oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Ekadina yang dirangkaikan dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pemanfaatan Hasil Pendataan Lengkap KUMKM 2022, bertempat di Hotel Merusaka Kawasan Wisata Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa, 21 November 2023.

Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali menjelaskan bahwa PL KUMKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk menyusun strategi bisnis dan pengambilan keputusan atau kebijakan bagi Koperasi dan UMKM. Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi menyukseskan pendataan di Provinsi Bali sehingga Provinsi Bali menjadi salah satu Provinsi yang menerima penghargaan. 

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM RI dalam arahannya menegaskan bahwa data ini tidak bersifat final. Maka dari itu dia meminta Dinas Koperasi UKM Daerah untuk terus mengembangkan dan memutakhirkan hasil pendataan ini. Data ini juga diharapkan mampu menjadi modal awal untuk mengembangkan UMKM baik secara jumlah dan perubahan data, terutama bagi Dinas Koperasi UKM di Daerah yang sangat dekat dengan pelaku UMKM.

Dalam acara Rakornas ini sebanyak 7 Provinsi mendapatkan penghargaan Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022 terbaik, yaitu Bali, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, Aceh, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Sementara itu, kabupaten atau kota terbaik Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022 diraih oleh Jakarta Barat, Bone, Asahan, Padang, Banda Aceh dan  Pandeglang.


TAGS :