Politik

Manuver Politik Jelang Pilkada Serentak 2024 di Bali: Wayan Koster dan De Gadjah Bertemu**

 Jumat, 05 Juli 2024

Jelang Pilgub Bali 2024

Newsyess.com, Denpasar. 

Denpasar. Newsyess.com - Kejutan politik jelang Pilkada Serentak 2024 di Bali semakin ekstrem dan dinamis. Dalam dunia politik, tak ada yang tak mungkin. Hal ini terbukti dengan pertemuan mengejutkan antara Wayan Koster, petahana dan Ketua DPD PDI Perjuangan Bali, dengan I Made Muliawan Arya alias De Gadjah, Ketua DPD Partai Gerindra Bali.

Koster dan De Gadjah sebelumnya merupakan rival politik saat Pilpres lalu. Koster menjabat sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar – Mahfud, sedangkan De Gadjah adalah Ketua TKD Prabowo-Gibran Provinsi Bali. Pertemuan kedua elite politik ini berlangsung pada Kamis (4/7/2024) di kawasan Renon, di mana keduanya terlihat makan siang bersama. De Gadjah mengenakan kemeja biru yang identik dengan warna Prabowo-Gibran, sedangkan Koster mengenakan kemeja merah.

Foto dan video pertemuan tersebut viral di media sosial. Saat dikonfirmasi via WhatsApp, Koster tidak menjawab secara langsung pertanyaan mengenai kemungkinan Gerindra mendukungnya dalam Pilgub. Ia menyebut pertemuan itu sebagai silaturahmi politik untuk menjaga momentum pemulihan dan kebangkitan pariwisata pasca pandemi Covid-19 serta perekonomian Bali.

Koster juga menegaskan bahwa mereka membicarakan persiapan Pilkada Serentak 2024, yang baru pertama kali dilaksanakan di Bali, agar berjalan lancar, aman, damai, dan sukses. Mengenai dukungan dalam Pilkada, Koster menyatakan pihaknya menunggu keputusan masing-masing DPP dengan prinsip saling menghormati. "Semoga yang dikeluarkan adalah keputusan terbaik untuk Bali," ucap Koster yang diamini oleh De Gadjah.

Keduanya sepakat agar jajaran partai di semua tingkatan bersabar menunggu keputusan induk partai, sambil terus melakukan komunikasi politik, menjaga kebersamaan, persatuan, dan kesatuan agar Bali tetap harmonis dan indah. "Rahayu semeton Bali," jawab Koster.

De Gadjah, yang dikonfirmasi terpisah, menyatakan keputusan Pilkada masih menunggu DPP Gerindra. Ia menekankan bahwa pertemuan dengan Koster hanya merupakan jalinan silaturahmi sesuai dengan instruksi Prabowo Subianto untuk bersatu dalam politik. "Kondisi masih cair, apapun bisa terjadi. Masih alot di pusat," ucap De Gadjah.

Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Denpasar ini menambahkan bahwa pertemuan sekaligus makan siang kemarin hanya sebatas silaturahmi dan diskusi. "Tunggu kejutan. Kami hanya silaturahmi dan diskusi karena Pak Prabowo mengajarkan kami politik bersatu," tandasnya.

Dengan situasi yang dinamis dan penuh kejutan, manuver politik di Bali jelang Pilkada Serentak 2024 ini akan terus menarik perhatian publik. Semua pihak berharap keputusan yang diambil akan membawa kebaikan bagi Bali dan masyarakatnya.(timnewsyess) 


TAGS :